Berendam di Blue Lagoon, Iceland

20 menitan dari bandara Keflavik di Rejkjavik (Iceland) ada tempat mandi air panas yang terkenal namanya Blue Lagoon.

Sebetulnya Blue Lagoon ini bukan pemandian alam. Air di Blue Lagoon sebetulnya air sisa dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Svartsengi. Konon airnya banyak mengandung mineral yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, karena berasal dari sekitaran gunung berapi.

Kolam-kolam di luar kolam renang Blue Lagoon

Saya, suami dan 2 teman lama sempat ke Blue Lagoon ini di musim panas 2018. Tadinya kami sempat pikir-pikir, pergi ke Blue Lagoon tidak ya….karena mahal!! Paket termurah (Comfort) harganya 80-an Euro isinya tiket masuk, handuk, masker lumpur dan minuman 1 gelas. Tapi masak sudah jauh-jauh ke Iceland tidak ke Blue Lagoon? Lagian kapan lagi….

Saat kami book di websitenya, harus menentukan mau datang jam berapa (ada pilihan jamnya). Kami datang lebih awal, tapi belum boleh masuk karena belum jamnya, jadi kami menunggu dulu di kafetarianya. Baru di jam yang tertera di tiket kami boleh masuk. Begitu masuk masing-masing diberi gelang elektronik yang berfungsi sebagai kunci locker dan credit card, kalau-kalau sambil berenang mau beli tambahan minuman.

Sampai di dalam, kami ke kamar ganti terpisah cowok dan cewek. Sebelum masuk ke air semua pengunjung harus buka baju dan mandi di ruang ganti. Kalau rasanya risih mandi telanjang di depan cewek-cewek lain, ada ruangan tertutup tirai untuk mandi. Jangan lupa lindungi rambut dengan conditioner supaya tidak sulit disisir setelah terkena air silica ini (conditioner disediakan). Saya usapkan conditioner berkali-kali ke rambut, yang penting tidak jimbet nanti pas disisir setelah berenang. Setelah itu pakai baju renang dan siap berendam.

Blue Lagoon kolamnya tidak dalam, jadi kalau tidak bisa berenang, jangan khawatir. Lagian kegiatan utama di Blue Lagoon bukan berenang, tapi duduk malas-malasan menikmati mandi air panas.

Nah, bagaimana rasanya berendam di Blue Lagoon? Oooow…..enak sekali….tinggal duduk bersandar malas-malasan…kalau haus tinggal berenang atau jalan ke bar untuk ambil 1 minuman yang termasuk dalam tiket (pilihannya ada smoothies, bir, wine dan sparkling wine), bila 1 minuman kurang bisa beli lagi, dibayar dengan gelang elektronik. Minuman beralkohol hanya bisa dikonsumsi maksimum 3 gelas per orang (bayar ya kalau lebih dari 1 gelas).

Antri mengambil minuman di bar

Kami juga ambil satu pot masker lumpur mineral untuk muka…. Katanya sih baik untuk kulit…tapi satu kali pakai tidak kelihatan hasilnya. Di Blue Lagoon ada juga ruangan sauna….cuma bagi saya terlalu panas. Kurang dari 1 menit di ruang sauna, saya buru-buru masuk air  untuk berendam lagi.

Kami menghabiskan sekitar 2 jam di Blue Lagoon…..rasanya enak dan relax, airnya panasnya pas. Sakit-sakit di pundak hilang semua 😊

Pertanyaannya : worth it tidak ke Blue Lagoon? Kalau sudah jauh-jauh ke Iceland, worth it! Tapi saya lihat di situ yang berenang kebanyakan turis, apalagi lokasinya dekat dengan airport, jadi berendam ke Blue Lagoon bisa dilakukan begitu tiba Iceland atau sambil menunggu pesawat meninggalkan Iceland. Tapi kalau budget tidak mengijinkan, banyak tempat berendam air panas yang lebih murah (kami coba Fontana). Alternatif lain di tiap kota selalu ada kolam renang air panas untuk umum, tiketnya 7-10 US dollar-an. Menurut penjaga turist office ‘Airnya sama saja, cuma interiornya saja berbeda’

Kolam renang air panas Fontana, kolamnya banyak dengan berbagai suhu air. Bisa sambil lihat danau lagi….

Sejak merasakan enaknya berendam air panas, setiap hari di road trip Iceland kami mencari pemandian air panas, baik pemandian yang cantik maupun kolam renang umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: