Fjallsárlón dan Jökulsárlón

Saya bayangkan di Iceland itu banyak es di mana-mana….bahkan di musim panas. Ternyata tidak, malah hijau dimana-mana….mungkin betul orang bilang bahwa harusnya Iceland dan Greenland bertukar nama. Tapi yang jelas, di musim panaspun Iceland dingin. Kami ke sana Agustus 2018, kalau siang sekitar 14C, malam sekitar 8C. Untung saya bawa jaket tebal, meskipun saat itu summer….

Hari ketiga kami di Iceland kami berhasil lihat es!! Di dua tempat yang berbeda, sama-sama cantiknya. Nama tempatnya Fjallsárlón dan Jökulsárlón. Kedua tempat ini adalah danau glacier yang berasal dari gunung es Vatnajökull. Kalau dari Rejkjavik lamanya sekitar 5 jam perjalanan. Letaknya di bagian Selatan Iceland, dicapai dengan berkendara di Ring Road #1. Yang mula-mula dilewati adalah Fjallsárlón lalu sekitar 11 km kemudian baru Jökulsárlón

Fjallsárlón

Fjallsárlón lebih sepi daripada Jökulsárlón. Bis-bis turis biasanya ke Jökulsárlón yang lebih besar. Untuk masuk ke Fjallsárlón mobil harus belok dari highway, tapi tidak terlalu jauh.

Belokan masuk ke Fjallsárlón

Kami turun di tempat agen boat tour. Wah, mahal juga ternyata tournya dan saat itu juga fully booked.

Boat tour Fjallsárlón

Kami pun memutuskan untuk jalan-jalan saja sekitar situ dan tiba-tiba inilah pemandangan yang kami dapat. Wuaaah….bagus sekali kan? Sangat magical, tiba-tiba ada pemandangan seperti ini di depan mata!! Ah, tidak perlu ikut boat tour….lihat ini saja sudah senang sekali. Rasanya bisa tuh duduk berjam-jam melihat es cantik seperti itu…

Jökulsárlón

Jökulsárlón kira-kira 15 menit dari Fjallsárlón. Ini juga magical….saat kami sedang berkendara di highway tiba-tiba terlihat pemandangan Jökulsárlón dari jendela mobil! Kami pun langsung melipir.

Ada boat tour juga di Jökulsárlón

Jökulsárlón lebih ramai daripada Fjallsárlón, tapi jangan khawatir, tetap bisa foto-foto dengan leluasa. Ini juga tempat yang enak untuk duduk-duduk berjam-jam melihat es. Hati-hati jangan memanjat  es untuk foto…karena arusnya cukup deras, esnya bisa hanyut.

Jadi mendingan mana, ke Fjallsárlón atau Jökulsárlón? Dua-duanya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: