Barra Maretazo

Ini restoran ceviche di Lima yang enaknya bukan main. Serius. Saking enaknya kami makan di sana tiga kali selama 4 hari di Lima. Pertama, waktu hari pertama di Lima. Kedua, waktu kembali ke Lima dari Cusco. Begitu pesawat mendarat di bandara Lima  kita langsung sepakat ‘Nanti makan siangnya ceviche di Barra Maretazo yuk’. Ketiga, di hari terakhir di Peru…. padahal waktu itu kami sudah kenyang dari makan siang…tapi sayang juga meninggalkan Peru tanpa makan lagi di Barra Maretazo. Jadi kami jalan-jalan dulu menurunkan makanan, lalu ke Barra Maretazo…

Kami juga coba ceviche di restoran-restoran lain selama di Peru…tapi tidak ada yang seenak Barra Maretazo

Ceviche itu seafood mentah, biasanya ikan tapi bisa juga gurita, udang atau mixed seafood yang diberi perasan jeruk nipis, garam, bawang mentah, cabe rawit dan daun ketumbar. Asam dari perasan jeruk nipis ini yang akan ‘mematangkan’ ikannya, warnanya jadi putih. Untuk membuat ceviche seafoodnya harus segar. Rasanya tidak amis sama sekali, segar dari jeruk nipisnya. Herannya perut juga gak perih makan jeruk nipis banyak sekali.  Di Peru ceviche ini selalu dihidangkan bersama jagung dan potongan ubi rebus. Kalau di Manado ada juga makanan seperti ini, namanya gohu tuna. Kalau di Manado bilang ‘gohu’ saja tanpa kata tuna biasanya artinya asinan papaya. Kalau ‘gehu’ itu makanan Bandung….toge tahu. Eh.

Pintu masuk

Seperti di semua restoran di Peru, selama menunggu kami dikasih cemilan jagung. Hari pertama sih cemilan langsung dihabiskan dalam semenit, enak…asin-asin gitu dan jagungnya gak keras. Setelah 2 minggu keliling Peru, kami gak sentuh jagungnya….bosen. Hahaha

Cemilan jagung

Dapur

Menu

Kalau dilihat sekarang pilihan makanan di menunya banyak juga ya….tapi yang kami makan ceviche melulu. Atau combo ceviche dan 1 makanan lagi.

Pertama kali datang, waktu kelihatan kami belum pernah pesan ceviche sebelumnya, kami dikasih sample dulu, buat merasakan suka tidak.

Langostinos Al Panko (udang digoreng pakai tepung roti) dan sample ceviche, 1 buat setiap orang

Ceviche

Combo ceviche dan chaufa (nasi goreng)

Combo ceviche dan chicarron (ikan dan cumi goreng tepung)

Ikan di-grill dengan nasi dan kentang

Pulpo Al Olivar, ceviche dari gurita

Waktu ditanya mau minum apa, saya pesan Leche de Tigre (Tiger’s Milk, susu macan) karena aneh namanya. Pelayannya bilang, itu bukan minuman. Ternyata itu juice jeruk nipis sisa pembuatan ceviche. Ada rasa bawang dan daun ketumbar dan ada potongan ikan kecil-kecil. Enak!! Konon bisa menyembuhkan hangover.

Leche de Tigre.

Garnish yang hijau itu rumput laut digoreng….enak….crispy dan asin.

Alamat Barra Maretazo : Calle Alcanfores 373, Miraflores 15074, Peru

One thought on “Barra Maretazo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: