Berkunjung ke 3 Kota di Swedia dalam 1 Hari

Liburan 2018 saya dan suami pergi ke Copenhagen, Denmark. Setelah 2 hari di Copenhagen, pingin juga ke Swedia karena mudah sekali, tinggal naik kereta api atau naik ferry. Selain itu supaya ada tambahan 1 negara lagi di daftar negara yang pernah dikunjungi, meskipun cuma sehari. Hehehe. Kami putuskan untuk pergi naik kereta api dari Copenhagen ke Malmo dan pulangnya naik ferry dari Helsingborg ke Helsingor di sisi Denmark, kemudian dilanjut kereta api ke Copenhagen.

Tadinya kami cuma mau ke 2 kota ini (Malmo dan Helsingborg), tapi ada teman bilang, coba ke Lund juga. Kota universitas, bagus katanya. Apalagi sudah jauh-jauh ke Swedia

Ayo berangkat….

Perjalanan ke Malmo dimulai dari dari naik kereta di stasiun Osterport. Sempat bingung juga, mana kereta ke Malmo, tapi setelah tanya salah satu orang di peron, katanya semua kereta ke Swedia itu via Malmo, kami disuruh naik kereta yang ke Helsingborg. Enaknya di Denmark, semua bisa bahasa Inggris, jadi kalau kesasar gampang.

Stasiun Osterport

Papan petunjuk

Perjalanan dari Copenhagen ke Malmo lamanya sekitar 40 menit, kereta api melintasi jembatan Oresund yang membentang menyeberangi selat Oresund.

Di Swedia ini mata uangnya Swedish Krona (SEK), berbeda dengan mata uang Denmark (Danish Kroner = DKK). Tapi kalau kita belanja mereka tetap terima DKK, cuma uang kembali diberikan dalam SEK. Misalnya, saya beli souvenir 20 SEK, saya bayar dengan 100 DKK, kembalinya 80 SEK. Rugi….karena nilai tukar SEK lebih rendah daripada DKK. Tapi karena cuma beli 1 – 2 souvenir ya sudahlah…daripada harus tukar uang. Untuk bayar tiket dan makanan saya gunakan kartu kredit.

Malmo

Di Malmo kami cuma jalan-jalan di sekitar stasiun dan ke shopping streetnya. Sempat minum kopi juga di café pinggir jalan sambil lihat orang-orang.

Lund

Setelah 2 jam jalan-jalan di Malmo, kami ke naik kereta ke Lund, lama perjalanan kereta cuma 15 menit. Di Lund kami jalan-jalan di pusat kotanya dan sempat ke Universitas Lund, keduanya dekat dengan stasiun

Universitas Lund

Universitas Lund

Helsingborg

Dari Lund naik kereta api lagi ke Helsingborg. Ada beberapa jenis kereta dari yang ekspres (27 menit) sampai yang biasa (50 menit). Kami naik yang biasa….karena tiket kereta api ekspres mahal… Di Helsingborg kami jalan-jalan sekitar townhall dan benteng Karna, sebelum mengejar ferry kembali ke Denmark

Townhall

Patung Magnus Stenbock (jendral Swedia) di depan Townhall

Bye bye Sweden

Dan kamipun naik ferry kembali ke Denmark….

Mudah-mudahan suatu hari bisa ke Swedia lagi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: